Tantangan Produk Berkelanjutan, Unilever: Konsumen Lebih Peduli Harga

Rizky Alika
24 Agustus 2021, 16:15
unilever, produk berkelanjutan, katadata safe forum
Arief Kamaludin|KATADATA
Logo Unilever.

Pengembangan produk berkelanjutan ternyata masih memiliki tantangan besar. Head of Corporate Affairs & Sustainibility PT Unilever Indonesia, Tbk Nurdiana Darus mengatakan, masih banyak konsumen yang memprioritaskan harga.

Sebagaimana diketahui, sejumlah produk berkelanjutan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan produk konvensional. Untuk itu, ia menilai pentingnya komunikasi dan edukasi produk berkelanjutan kepada konsumen.

Advertisement

"Masih banyak konsumen tidak bersedia membeli produk berkelanjutan karena mereka peduli harga, kualitas menyusul," kata Nurdiana dalam Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) Forum 2021, Selasa (24/8).

 Tak hanya itu, masih banyak konsumen yang belum berminat karena menganggap tidak ada perbedaan antara produk standar dan produk berkelanjutan.  Oleh sebab itu Unilever pun terus berupaya mencerdaskan konsumen terkait produk berkelanjutan.

Salah satunya, mengajak konsumen mengetahui bahan baku dan tujuan pembuatan produk mereka. Ini agar pembeli menyadari apakah material yang digunakan mereka datang dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan.

Kemudian, Unilever juga mengingatkan konsumen untuk mengetahui dampak sosial dari produk yang dikonsumsi. "Apakah membantu pemulung atau ibu-ibu PKK," katanya.

Selanjutnya, konsumen diajak untuk mencari tahu apakah produk melakukan upaya pelestarian lingkungan. Berikutnya, perlu diketahui apakah produk memiliki tujuan mulia  nyata agar pembeli memahami produk yang dibeli.

"Jadi mengajak masyarakat untuk cerdas dalam memilih dan pensaran mengetahui suatu produk, cari tahu produk ini bagus atau tidak," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement