Energi Terbarukan Diminati, Korporasi Antre Pakai Sertifikat EBT PLN

Rizky Alika
25 Agustus 2021, 15:32
PLN, ebt, energi terbarukan
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/aww.
Petugas mengecek panel surya di Kampung Wejim Timur, Distrik Kepulauan Sembilan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (3/2/2021). PLN UP 3 Sorong melakukan uji coba pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai salah satu dukungan program Papua Terang dengan menggunakan energi terbarukan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Tren penggunaan energi baru dan terbarukan semakin meningkat belakangan ini. Bahkan Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN (Persero) mengatakan sudah ada beberapa perusahaan multinasional berminat menggunakan sertifkat EBT atau Renewable Energy Certificate (REC).

Beberapa korporasi itu meliputi PT Amerta Indah Otsuka sebesar 2.300 unit REC/bulan, Reckit Benkiser 800 unit REC/bulan untuk 2 ID pelanggan, PT Air Liquide 700 ribu unit REC selama 7 tahun, dan PT Vale Indonesia 2,8 juta unit REC selama masa kontrak.

REC merupakan sertifikat EBT yang dikeluarkan oleh PLN sebagai bukti bahwa konsumen menggunakan listrik yang berasal dari energi hijau dan ramah lingkungan. Namun, total nilai bisnis baru PLN itu baru mencapai Rp 7,4 miliar.

"Total ada 69 ribu lebih konsumen listrik sudah mengkonsumsi REC dengan total REC terbit kurang lebih 211 ribu hingga Agustus 2021," kata Vice President Director PT PLN Hikmat Drajat dalam acara Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) Forum 2021, Rabu (25/8).

REC tersebut dijual kepada dua jenis pelanggan, yaitu ritel dan enterprise basis. Pelanggan ritel ditujukan untuk pelanggan rumah yang ingin berkontribusi dalam layanan EBT.

Adapun, biaya REC yang dijual sebesar Rp 35 ribu per MWH. Hikmat mengatakan langkah ini merupakan model investasi yang efektif meski belum merogoh kocek dalam untuk investasi energi terbarukan.

"Jadi PLN membantu pelanggan tanpa harus investasi dalam pembangunan EBT, tapi diakui berkontribusi dalam carbon footprint," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...