Jokowi Ramal Ekonomi Kuartal III Tumbuh Lebih Rendah dari Kuartal II

Rizky Alika
26 Agustus 2021, 12:41
Jokowi, pertumbuhan ekonomi, covid-19
Youtube/ Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021.

Pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021 melonjak sebesar 7,07% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun, Presiden Joko Widodo memperkirakan ekonomi pada kuartal berikutnya tidak akan tumbuh setinggi triwulan dua.

Jokowi menjelaskan hal ini terjadi lantaran kasus Covid-19 sempat mengalami peningkatan. Kondisi tersebut mengakibatkan ekonomi tidak bisa tumbuh secara maksimal.

"Kita pastikan bahwa pertumbuhan ekonomi di kuartal III pasti akan lebih rendah dari kuartal II," kata Jokowi dalam acara Sarasehan 100 Ekonom, Kamis (26/8).

Saat varian Delta merebak, lonjakan kasus positif sempat meningkat dari 2.633 pada 14 Mei menjadi 56.757 pada 15 Juli. Epidemiolog pun memperingatkan, tambahan kasus konfirmasi bisa mencapai 400 ribu kasus per hari apabila penularan tidak dikendalikan.

Meski demikian, pelan-pelan penambahan kasus Covid-19 mulai melandai. Hal ini juga tercermin dari turunnya tingkat keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Rate/BOR) pasien Covid-19 di rumah sakit.

Pada 30 Juni, BOR RSDC Wisma Atlet Kemayorna sempat mencapai 90,8%. Namun, keterisian tempat tidur di Wisma Atlet telah menurun pada 25 Agustus menjadi 12%. Sementara, rata-rata BOR secara nasional menurun jadi 29,9%. "Hal ini patut kita syukuri," ujar Jokowi.

Pemerintah pun akan terus waspada terhadap potensi lonjakan kasus. Selain itu, pemerintah akan menjaga keseimbangan antara ekonomi dan kesehatan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...