Kasus Covid-19 Turun, Keterisian RS Wisma Atlet Kemayoran Tinggal 12%

Ameidyo Daud Nasution
26 Agustus 2021, 16:30
covid-19, wisma atlet, rumah sakit
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Foto udara Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (15/6/2021). Menurut Koordinator RSDC Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI Tugas Ratmono, pihaknya menambah jumlah kapasitas tempat tidur menjadi 7.394 dari 5.994 akibat lonjakan pasien positif COVID-19 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Penurunan kasus Covid-19 berdampak pada berkurangnya hunian Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran. Saat ini tingkat keterisian kapasitas rumah sakit tersebut tinggal 12,6% dengan jumlah pasien 1.002 orang.

Koordinator RSDC Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono mengatakan angka pasien ini adalah yang terendah sejak Juni 2021. Jumlah ini telah menurun jauh dari puncaknya yakni 30 Juni lalu sebanyak 7.167 orang.

"Jika kasus Covid-19 naik, jumlah pasien di Wisma Atlet naik. Demikian juga sebaliknya," kata Tugas dalam keterangan tertulis, Kamis (26/8).

Tugas mengatakan turunnya kasus Covid-19 sejalan dengan bertambahnya tingkat kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Tak hanya itu, angka vaksinasi yang meningkat berdampak kepada pencegahan penularan corona.

Meski demikian, Tugas berharap semua pihak tidak lengah dengan penurunan kasus ini. Apalagi varian baru Covid-19 berpotensi terus muncul dan menyebar di tengah masyarakat. "Varian baru bisa muncul seperti Delta yang memicu lonjakan kasus," katanya.

RSDC Wisma Atlet tetap bersiaga mengantisipasi munculnya lonjakan kasus. Tugas mengatakan saat ini kapasitas tempat tidur yang disiagakan mencapai 7.894 unit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...