Usai Kumpulkan Parpol, Jokowi Bertemu Lembaga Tinggi Negara di Istana

Ameidyo Daud Nasution
27 Agustus 2021, 21:47
Jokowi, dpr, partai politik
Youtube/ Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021.

Presiden Joko Widodo menerima beberapa pimpinan lembaga tinggi negara di Istana Negara, Jakarta, jumat (27/8). Salah satu pimpinan lembaga negara yang hadir adalah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani.

Pertemuan ini dilakukan satu hari usai Jokowi mengumpulkan para petinggi partai koalisi pemerintah. Puan mengatakan pembicaraannya dengan Presiden membahas komitmen dalam penanganan pandemi Covid-19.

Meski mendukung langkah penanganan pandemi, namun ia meminta pemerintah kompak dalam mengeksekusi kebijakan demi meminimalkan dampak Covid-19.

"Diperlihatkan melalui kebijakan yang solid, implementasi yang bersinergi, dan holding statement yang sama," kata Puan dalam keterangan tertulis, Jumat (27/8).

Seperti pertemuan dengan partai politik, Jokowi juga menyampaikan perkembangan pandemi, termasuk vaksinasi nasional. Saat ini Indonesia berada pada ranking tujuh dunia dalam hal jumlah pemberian vaksin.

Presiden juga menyinggung soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berjalan beberapa waktu belakangan. Kebijakan ini dinilai mampu menekan laju penularan corona.

Putri dari Megawati Soekarnoputri itu lalu meminta pemerintah membuat desain penanganan corona dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022. Hal tersebut diperlukan guna mengantisipasi varian baru Covid-19.

"Kementerian dan Lembaga agar menerapkan belanja yang lebih baik agar prioritas dan pelayanan umum tetap jalan," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...