Watchdoc, Rumah Produksi Film RI Dapat Penghargaan Ramon Magsaysay

Ameidyo Daud Nasution
31 Agustus 2021, 16:00
Watchdoc, ramon magsaysay, sexy killers
Katadata
Logo rumah produksi Watchdoc. (Foto: Twitter WatchdoC Documentary)

Rumah Produksi Watchdoc Documentary Maker Indonesia mendapatkan penghargaan Ramon Magsaysay dalam kategori "Emergent Leadership" pada Selasa (31/8). Penghargaan diberikan karena film dokumenter Watchdoc masuk dalam jurnalisme investigasi yang menggunakan platform baru dalam menyoroti masalah lingkungan, sosial, dan hak asasi manusia.

Watchdoc adalah rumah produksi yang merilis sejumlah film seperti 'Sexy Killers', 'Asimetris', 'The EndGame', hingga 'Kinipan'. Mereka juga dianggap memberdayakan komunitas yang terpinggirkan serta menginspirasi kaum muda mencari kebenaran.

Advertisement

"Karya-karya Watchdoc mengangkat sesuatu yang tak banyak dibicarakan atau dihindari orang dan mendistribusikannya kepada generasi baru," kata Presden Ramon Magsaysay Award Foundation Susan Afan dalam keterangan tertulis Watchdoc yang dibagikan pada Selasa (31/8).

Bersama Watchdoc, ada empat penerima lain dari penghargaan Ramon Magsaysay. Mereka adalah Amjad Saqib dari Pakistan yang merancang kredit bunga nol persen bagi warga miskin, Firdaus Qadri dari Pakistan yang mengembangkan vaksin, Steven Muncy yang bekerja untuk pengungsi bencana alam, perang, dan konflik di Myanmar hingga laos, serta Roberto Ballon dari Filipina lewat gerakan konservasi laut.

Adapun sejumlah nama dari Tanah Air yang pernah menerima penghargaan ini antara lain Abdurrahman Wahid pada 1993, Pramoedya Ananta Toer pada 1995, serta Ali Sadikin pada 1971. Komisi Pemberantasan Korupsi juga pernah mendapatkan Ramon Magsaysay Award pada 2013.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement