Jokowi Resmikan Bendungan Kuningan, Petani Bisa Tambah Produksi 3 Kali

Rizky Alika
31 Agustus 2021, 16:45
bendungan, jokowi, infrastruktur
Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur pada Minggu (14/2). Jokowi pada Selasa (31/8) meresmikan bendungan Kuningan di Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bendungan Kuningan, Jawa Barat pada Selasa (31/8). Jokowi pun berharap, infrastruktur itu bisa meningkatkan produksi tanaman pangan para petani dari sekali setahun menjadi dua atau tiga kali satu tahun.

Dengan bertambahnya frekuensi tanam, maka diharapkan kesejahteraan para petani bisa meningkat. Bendungan Kuningan dapat menampung air dengan kapasitas mencapai 25,9 juta meter kubik. 

"Ini untuk menyediakan air pertanian irigasi bagi 3 ribu hektare sawah masyarakat di Kabupaten Kuningan, Cirebon, dan Brebes," ujar Jokowi dalam siaran virtual peresmian Bendungan Kuningan di Kuningan, Selasa (31/8).

Adapun, bendungan tersebut sudah dibangun selama 7 tahun dengan biaya mencapai Rp 513 miliar. Selain itu, bendungan juga bermanfaat untuk ketahanan air, mengendalikan banjir, menyediakan air baku 0,30 meter kubik per detik, serta menghasilkan listrik 0,5 Megawatt.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta bendungan untuk disambungkan dengan penataan jaringan irigasi saluran primer, sekunder, tersier, dan kuarter. Hal ini penting agar kehadiran bendungan bermanfaat untuk menyediakan air irigasi bagi para petani.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...