Stok Kurang, Jokowi Minta Kemenkes Tambah Vaksin Covid-19 di Lampung

Rizky Alika
2 September 2021, 13:51
vaksin, jokowi, covid-19
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo membacakan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR pada Senin (16/8)

Presiden Joko Widodo pada Kamis (2/9) meninjau vaksinasi Covid-19 di SMAN 2 Bandar Lampung. Pada kesempatan tersebut, Jokowi meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menambah stok vaksin virus corona di provinsi tersebut.

Permintaan itu seiring terjadi kekurangan pasokan vaksin di puskesmas. "Nanti saya perintahkan Kemenkes agar vaksinnya untuk Provinsi Lampung diperbanyak," kata Jokowi di SMAN 2 Bandar Lampung, Kamis (2/9).

 Ia pun meminta para pelaksana vaksinasi untuk segera menghabiskan stok vaksin. Hal ini guna mempercepat target kekebalan komunitas (herd immunity) serta menekan laju penularan corona.

Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta agar vaksinasi dilakukan secara bersama-sama, di sejumlah lokasi seperti puskemas, sekolah, hingga lapas. Hal ini diperlukan agar penularan Covid-19 dapat segera diakhiri.

"Ajak teman-teman, tetangga, saudara kita untuk bisa segera divaksin sehingga kita bisa menghindarkan diri dari terpapar Covid-19," katanya.

Tak hanya itu, Presiden juga mengingatkan masyarakat untuk memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan meski sudah divaksin

Selain meninjau vaksinasi, Jokowi juga berdialog dengan sejumlah daerah yang ada di Lampung.  Salah seorang perwakilan dari Dinas Kesehatan Bandar Lampung mengatakan setiap hari ada 31 puskesmas melakukan vaksiansi kepada 150-200 orang per hari.

Ia pun mengatakan, stok vaksin masih sedikit kekurangan. Sedangkan capaian vaksinasi di Bandar Lampung telah mencapai 60%. "Namun vaksinasi akan lebih cepat lagi bila vaksin kita lancar," kata perwakilan itu saat konferensi video dengan Jokowi dari Puskesmas Satelit Lampung.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...