Ganjil Genap Berlaku di Puncak dan Bandung, Ini Lokasi Penyekatannya

Ameidyo Daud Nasution
3 September 2021, 16:47
ganjil genap, ppkm, puncak, bandung
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.
Anggota Polresta Bogor Kota bersama Dishub Kota Bogor mengatur laju kendaraan roda empat saat pemberlakuan aturan ganjil genap di pintu keluar Gerbang Tol Bogor, Jawa Barat, Minggu (21/2/2021). Pemerintah Kota Bogor memperpanjang kebijakan ganjil genap untuk kendaraan roda dua dan roda empat pada setiap hari Sabtu dan Minggu dengan pembatasan waktu mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB karena kebijakan tersebut dianggap telah berhasil menurunkan jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Bogor.

Kebijakan ganjil genap di Jalur Puncak, Sentul, serta Kota Bandung dimulai pada Jumat (3/9). Langkah pembatasan tersebut berlaku untuk meminimalkan kendaraan lalu lalang usai penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di wilayah tersebut.

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor mengerahkan 300 personel gabungan untuk mengawal ganjil genap di Puncak dan Bandung. Mereka terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Pelaksanaannya dimulai setelah salat Jumat," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridhallah di Cibinong, Bogor, Jumat (3/9) dkutip dari Antara.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan ada tujuh titik pemeriksaan kendaraan pada pelaksanaan sistem ganjil genap. Ketujuh lokasi tersebut adalah pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos arus Bendungan, serta dua lokasi di Sentul.

Namun pengecualian berlaku pada ambulans, pemadam kebakaran, kendaraan TNI-Polri, angkutan umum, angkutan online, dan logistik. Aparat berharap kebijakan ini bisa menjaga kepadatan kendaraan yang masuk ke wilayah tersebut.

Apalagi sepanjang akhir pekan lalu, angka kendaraan yang masuk wilayah Puncak meningkat 40% menjadi 38 ribu. Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan jika uji coba ini berhasil, maka akan ada payung hukum untuk kebijakan dalam jangka panjang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...