Kumpulkan Pengusaha, Jokowi Bahas Pengembangan Ibu Kota Baru

Rizky Alika
8 September 2021, 14:05
Ibu kota baru, jokowi, pengusaha
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Foto aerial kawasan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (28/8/2019). Sepaku dan Samboja, Kutai Kartanegara akan menjadi lokasi ibu kota negara baru Indonesia.

Presiden Joko Widodo terus melanjutkan pembahasan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Kepala Negara pun mengundang sejumlah pengusaha pada Rabu (8/9) untuk membahas perpindahan pusat pemerintahan Indonesia.

Adapun, sejumlah pengusaha yang hadir meliputi Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani, Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono, dan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S. Lukman.

Kemudian, turut hadir Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) Alphonsus Widjaja, dan Ketua Umum Indonesia National Shipowners Association (INSA) Carmelita Hartoto.

"Disampaikan oleh Bapak Presiden terkait dengan pembangunan ibu kota baru yang perencanannya akan terus dilaksanakan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/9).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan pengembangan ibu kota baru akan dilakukan dalam kurun waktu 15-20 tahun ke depan. Selain itu, payung hukum pemindahan ibu koya juga disampaikan dalam pertemuan tersebut. Namun, Airlangga tidak menjelaskan secara rinci isi dari aturan tersebut.

Sementara, Arsjad Rasjid mengatakan Kadin akan mendukung pembangunan ibu kota di Kaltim sebagai simbol baru negara yang ditata dengan asri. "Kami mendukung ibu kota baru sebagai simbol daripada gimana Indonesia di kemudan hari 2045," katanya.

Jokowi sebelumnya sempat meninjau pembuatan sodetan calon ibu kota baru negara di Kalimantan Timur pada Selasa (24/8). Sodetan akses tersebut berlokasi di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 14 yang dilewati Presiden dalam perjalanan dari Kota Samarinda.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...