Pacu Prestasi Atlet, Jokowi Terbitkan Perpres Desain Olahraga RI

Rizky Alika
9 September 2021, 15:26
olahraga, jokowi, haornas
Youtube/Setneg
Presiden Joko Widodo membacakan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR pada Senin (16/8).

Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Penandatanganan dilakukan tepat pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38, Kamis (9/9).

DBON merupakan perintah dari Jokowi pada peringatan Haornas ke-37 yang lalu. Dalam arahannya, Kepala Negara meminta agar pola pembinaan olahraga prestasi nasional dikaji total.

Jokowi pun menyampaikan selamat perayaan Haornas ke-38 kepada seluruh insan olahraga. Selain itu, ia mengatakan Haornas tahun ini diperingati dengan perolehan berbagai medali dari ajang Olimpiade dan Paraolimpiade Tokyo 2020.

"Peringatan Haornas tahun ini kita peringati dengan catatan prestasi yang membanggakan," kata Jokowi dalam peringatan Haornas ke-38.

Presiden mengapresiasi kerja keras para atlet dan pelatih yang mengharumkan nama negara. Jokowi menambahkan, prestasi dihasilkan dari proses pembinaan dari hulu hingga ke hilir secara sistematis.

"Untuk itu prestasi olahraga harus terus kita tingkatkan, tidak muncul begitu saja," ujar dia.

Mantan Wali Kota Solo itu memastikan, Indonesia memiliki bibit unggul di berbagai cabang olahraga, seperti bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung, dan senam artistik. Selain itu, ia meminta atlet pada cabang olahraga pencak silat dan wushu untuk dipersiapkan dnegan baik.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...