Gangguan Saraf Langka Masuk Daftar Efek Samping Vaksin AstraZeneca

Rizky Alika
9 September 2021, 18:28
astrazeneca, vaksin, sindrom Guillain-Barré
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan mulai menggunakan vaksin AstraZeneca bagi warga yang baru akan divaksin atau mendapatkan dosis pertama vaksinasi.

Badan Obat Eropa (EMA) telah memasukkan gangguan kerusakan saraf langka, sindrom Guillain-Barré, sebagai kemungkinan efek samping dari vaksin Covid-19 AstraZeneca. Penambahan daftar efek samping AstraZeneca itu dilakukan pada Rabu (8/8).

Dikutip dari Reuters, EMA mengatakan hubungan kausal antara sindrom Guillain-Barré dan suntikan AstraZeneca kemungkinan terjadi. Adapun, 833 kasus sindrom Guillain-Barré dilaporkan dari 592 juta dosis vaksin yang diberikan di seluruh dunia pada 31 Juli.

Namun, EMA mengkategorikan efek samping ini sebagai "sangat jarang" dan paling rendah dari daftar kemyngkinan efek samping AstraZeneca. Selain itu, manfaat vaksin tersebut masih lebih besar dibandingkan risiko efek sampingnya.

Sementara, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah menambahkan peringatan tentang sindrom Guillain-Barré sebagai kemungkinan efek samping dari suntikan Johnson & Johnson. Baik AstraZeneca maupun Johnson & Johnson menggunakan teknologi vektor virus dan juga telah dikaitkan dengan efek samping pembekuan darah yang langka.

Sebagaimana diketahui, vaksin AstraZeneca memiliki manfaat lebih besar, terutama bagi lansia. Hasil studi di Inggris pada Maret 2021 menunjukkan, dengan vaksinasi dapat mencegah penderita Covid-19 masuk ruang perawatan intensif (ICU) 10,5 per 100 ribu orang pada usia 50-59 tahun. Sedangkan pada usia 60-69 tahun sebesar 14,1.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...