Australia Larang Penggunaan Obat Ivermectin untuk Pasien Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
12 September 2021, 10:47
australia, ivermectin, covid-19
Alexandr Podvalny/Pexels
Ilustrasi obat yang tersedia di apotek

Australia melarang dokter dan tenaga medis meresepkan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19. Hal ini seiring melonjaknya penggunaan obat anti parasit tersebut untuk mengobati pasien corona.

Regulator Obat Australia (TGA) menyatakan belum mengetahui apakah Ivermectin efektif dan aman dalam perawatan pasien Covid-19. Sementara penggunaan obat ini terus meningkat tiga sampai empat kali dalam beberapa bulan belakangan.

"Ivermectin tak dibolehkan untuk digunakan pada (pasien) Covid-19 Australia atau negara maju lainnya," kata TGA dikutip dari The Guardian, Minggu (12/9).

TGA khawatir masyarakat saat ini dapat meminum Ivermectin dalam dosis yang tidak aman. Apalagi obat ini memiliki sejumlah efek samping yang serius jika dikonsumsi melebihi dosisnya.

"Dosis lebih tinggi bisa dikaitkan efek samping termasuk mual parah, muntah, pusing, dan efek neurologis seperti pusing, kejang, dan koma," kata TGA. Meski demikian, dokter penyakkit menular, kulit, dan gastroenterologi masih bisa memberikan obat ini untuk pasien penyakit tertentu.

Pekan lalu, Rumah Sakit Westmead di Sydney melaporkan kasus overdosis Ivermectin dan campuran orabn Covid-19 lainnya. Meski demikian, TGA mendeteksi adanya peningkatan 10 kali lipat orang yang ingin mengimpor obat tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...