Kemenkes Tambah Stok Vaksin Covid untuk Sentra Vaksinasi Masyarakat

Ameidyo Daud Nasution
13 September 2021, 20:00
vaksin, vaksinasi, covid-19
Katadata/PTI
Program Vaksinasi Disabilitas dari Perempuan Tangguh Indonesia (PTI)

Kementerian Kesehatan menambah alokasi vaksin Covid-19 bagi sentra vaksinasi yang digelar masyarakat. Hal ini demi memacu angka vaksinasi hingga mencapai dua juta dosis per hari.

Hal tersebut diatur dalam surat edaran bernomor kop SR.02.06/4/7994/2021 yang diteken Pelaksana tugas Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan dr Prima Yosephine pada 8 September lalu. 

"Ini penambahan alokasi vaksin di luar yang sudah didistribusikan ke dinas kesehatan, TNI, dan Polri," kata Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi kepada Katadata.co.id, Senin (13/9).

Dalam surat tersebut, Kemenkes menyatakan alokasi vaksin diberikan kepada layanan vaksinasi yang digelar organisasi masyarakat atau agama, kegiatan Germas bersama Komisi IX DPR, hingga swasta. "Alokasi vaksin tambahan akan didistribusikan ke Dinas Kesehatan Provinsi," demikian bunyi surat tersebut.

Dalam salah satu lampiran surat tersebut, Kemenkes menambah 665.342 dosis vaksin kepada sentra vaksinasi. Selain itu ada nama-nama pengusul tambahan dosis suntikan kekebalan.

Beberapa pengusul dengan permintaan dosis terbanyak adalah Bupati Sukabumi, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Purwakarta, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Bupati Nunukan, Ketua Pengurus Palang merah Indonesia Sulawesi Selatan, Bupati Tana Toraja, dan Walikota Pematangsiantar. Dari lampiran surat, masing-masing orang tersebut memesan tambahan 50 ribu vaksin.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...