Kemenkes Tambah Stok Vaksin Covid untuk Sentra Vaksinasi Masyarakat

Tambahan pasokan vaksin untuk mengejar target dua juta suntikan per hari. Kemenkes paling tidak telah menyiapkan tambahan 665 ribu dosis vaksin.
Ameidyo Daud Nasution
13 September 2021, 20:00
vaksin, vaksinasi, covid-19
Katadata/PTI
Program Vaksinasi Disabilitas dari Perempuan Tangguh Indonesia (PTI)

Kementerian Kesehatan menambah alokasi vaksin Covid-19 bagi sentra vaksinasi yang digelar masyarakat. Hal ini demi memacu angka vaksinasi hingga mencapai dua juta dosis per hari.

Hal tersebut diatur dalam surat edaran bernomor kop SR.02.06/4/7994/2021 yang diteken Pelaksana tugas Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan dr Prima Yosephine pada 8 September lalu. 

"Ini penambahan alokasi vaksin di luar yang sudah didistribusikan ke dinas kesehatan, TNI, dan Polri," kata Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi kepada Katadata.co.id, Senin (13/9).

Dalam surat tersebut, Kemenkes menyatakan alokasi vaksin diberikan kepada layanan vaksinasi yang digelar organisasi masyarakat atau agama, kegiatan Germas bersama Komisi IX DPR, hingga swasta. "Alokasi vaksin tambahan akan didistribusikan ke Dinas Kesehatan Provinsi," demikian bunyi surat tersebut.

Advertisement

Dalam salah satu lampiran surat tersebut, Kemenkes menambah 665.342 dosis vaksin kepada sentra vaksinasi. Selain itu ada nama-nama pengusul tambahan dosis suntikan kekebalan.

Beberapa pengusul dengan permintaan dosis terbanyak adalah Bupati Sukabumi, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Purwakarta, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Bupati Nunukan, Ketua Pengurus Palang merah Indonesia Sulawesi Selatan, Bupati Tana Toraja, dan Walikota Pematangsiantar. Dari lampiran surat, masing-masing orang tersebut memesan tambahan 50 ribu vaksin.

Selain itu ada Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang memesan 20 ribu dosis, Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo yang memesan 2.500 dosis, hingga Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat dengan pemesanan 2.500 dosis.

Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi Covid-19 dari pintu ke pintu di Klaten, Jawa Tengah pada Senin (13/9). Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap seluruh masyarakat mendapatkan akses vaksin dengan mudah.

Vaksinasi dilakukan dari pintu ke pintu di Dukuh Ngledok, Desa Segaran, Kecamatan Delanggu, Klaten. Presiden berharap masyarakat bisa segera divaksin agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Sedangkan Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi Covid-19 dari pintu ke pintu di Klaten, Jawa Tengah pada Senin (13/9). Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap seluruh masyarakat mendapatkan akses vaksin dengan mudah.

Vaksinasi dilakukan dari pintu ke pintu di Dukuh Ngledok, Desa Segaran, Kecamatan Delanggu, Klaten. Presiden berharap masyarakat bisa segera divaksin agar terhindar dari penyebaran Covid-19. “Kami harapkan semua masyarakat mudah mengakses vaksin, mudah mengakses program vaksin ini,” kata Jokowi di Klaten seperti disiarkan secara virtual, Senin (13/9). 

 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait