Minta Kampus Benahi Talenta, Jokowi Contohkan Kisah Menkes Budi Gunadi

Ameidyo Daud Nasution
14 September 2021, 20:31
Jokowi, budi gunadi sadikin, kampus
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin di Istana Merdeka, Jakarta Pusat (25/10/2019). Direktur Utama Inalum ini pernah menjabat sebagai Direktur Bank Mandiri selama 2 periode dan staf khusus Menteri BUMN.

Presiden Joko Widodo meminta pendidikan tinggi memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan talentanya. Jokowi bahkan mencontohkan kisah Budi Gunadi Sadikin yang berhasil banting setir dari insinyur Teknik Fisika Nuklir hingga menjadi Menteri Kesehatan.

Hal tersebut disampaikan dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri di Surakarta Senin (14/9). Jokowi mengatakan karir Budi melesat dari insinyur menjadi Direktur Utama Bank Mandiri hingga membantunya di Kabinet.

Advertisement

"Menteri Kesehatan kita, Budi Gunadi Sadikin, adalah contoh sesorang yang berkarir jauh dari ilmu yang didapatkan saat kuliah," kata Jokowi dalam unggahannya di Instagram, Selasa (14/9).

Oleh sebab itu, Presiden meminta kampus bisa mengembangkan talenta para mahasiswa yang belum tentu sesuai pilihan program studi, jurusan, maupun fakultas. Apalagi, bakat seseorang terkadang tak sesuai dengan keilmuan yang diambilnya saat pendidikan.

"Mahasiswa tak perlu pindah program, jurusan, dan fakultas tapi perbanyak mata kuliah pilihan dan beri mereka kesempatan mengambil kuliah sesuai talentanya," kata Jokowi.

Budi Gunadi Sadikin menggantikan posisi Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan pada Desember 2020 lalu. Sebelumnya, ia merupakan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merangkap Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement