Kemenkes: Jangan Masuk Ruang Publik Jika PeduliLindungi Alami Gangguan

Rizky Alika
15 September 2021, 16:52
pedulilindungi, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp
Wisatawan melakukan scan QR Code sertifikat vaksin COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi saat hari pertama uji coba pembukaan Daya Tarik Wisata (DTW) Uluwatu, Badung, Bali, Senin (13/9/2021). Objek wisata yang baru dibuka pada Senin (13/9) tersebut menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat memasuki kawasan wisata itu untuk mencegah penyebaran COVID-19 sekaligus mengantisipasi terjadinya klaster baru. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp

Sejumlah masyarakat mengeluhkan aplikasi PeduliLindungi masih mengalami kendala sehingga tidak bisa memasuki fasilitas umum. Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi menganjurkan pengguna yang mengalami masalah pada aplikasi tersebut untuk tidak masuk ke dalam ruang publik.

PeduliLindungi diperlukan bagi sejumlah aktivitas seperti masuk pusat perbelanjaan, menggunakan transportasi umum, hingga ke bioskop. Namun sejumlah kendala masih ditemukan saat mengoperasikan aplikasi tersebut.

Advertisement

"Di masa pandemi selalu kami sampaikan untuk kurangi mobilitas. Jadi kalau ada kendala pada aplikasi PeduliLindungi, tidak harus dia yang masuk ke mal," kata Nadia dalam Katadata Forum Virtual Series, Rabu (15/9).

Antisipasi sebaiknya dilakukan agar tidak terjadi kasus kecolongan positif Covid-19 yang berkeliaran di tempat umum. Kementerian Kesehatan pun mencatat, dari deteksi lewat PeduliLindungi, ada 3.830 pasien virus corona yang masih beraktivitas di lokasi aktivitas utama.

"Bisa dibayangkan kalau orang positif Covid-19 beraktivitas di publik, bagaimana virus menyebar di masyarakat," ujar dia. Terlebih, munculnya varian baru mengakibatkan penularan corona menjadi lebih cepat.

Meski begitu, pemerintah akan terus memperbaiki aplikasi PeduliLindungi meski tak mudah. Ini karena aplikasi tersebut diperlukan untuk menjaga aktivitas masyarakat tetap aman serta tidak menjadi sumber penularan Covid-19.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement