Menkop Teten Libatkan Asosiasi Pedagang Salurkan BLT PKL Rp 1,2 Juta

Rizky Alika
15 September 2021, 17:51
pedagang, bansos, teten
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menyampaikan sambutan saat peresmian kampanye Gerakan Indonesia Bersama UMKM dan ajang Gernas Bangga Buatan Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021). Kampanye Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang berlangsung pada bulan April 2021 di Jawa Barat ini mengangkat tema UKM Jabar Paten.

 Pemerintah telah meluncurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk pedagang kaki lima senilai Rp 1,2 juta per orang. Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, asosiasi pedagang kaki lima akan dilibatkan untuk menyalurkan bantuan tersebut.

Hal tersebut telah diputuskan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas yang berlangsung hari ini. Jokowi telah meminta asosiasi untuk menggunakan data PKL dalam menyalurkan BLT kepada 1 juta penerima.

Advertisement

"Asosiasi PKL mereka tadi berkepentingan untuk ikut terlibat dalam penyaluran bantuan Rp 1,2 juta," kata Teten usai menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/9).

Pada kesempatan itu, pemerintah juga mendengarkan aspirasi dari pelaku UMKM. Mereka meminta Jokowi untuk mempermudah pengajuan kembali kredit usaha. "Ini yang mungkin nanti akan dicarikan solusinya," ujar Teten.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara juga meminta produk UMKM untuk dapat ditawarkan langsung ke kementerian/lembaga. Dengan demikian, produk lokal tersebut bisa diserap belanja pemerintah

Teten mencatat saat ini baru 27% produk usaha kecil yang telah diserap oleh pemerintah. "Untuk itu, ini akan sangat bermanfaat untuk menyerap produk UMKM di tengah melemahnya daya beli masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bantuan BLT PKL akan didistribusikan melalui TNI dan Polri kepada 1 juta penerima dengan besaran Rp 1,2 juta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement