Kasus Covid-19 RI Bertambah 3.948, Terbanyak Disumbang Jatim dan Jabar

Angka kematian pasien Covid-19 bertambah 267 orang pada hari ini. Sumatera Utara menyumbang pasien meninggal terbanyak yakni 50 orang.
Ameidyo Daud Nasution
15 September 2021, 18:13
covid-19, corona, jawa timur
ANTARA FOTO/Aji Styawan/rwa.
Prajurit Kesehatan TNI menyuntikkan vaksin Sinovac kepada santri dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi Santri dari Mabes TNI di Pondok Pesantren Girikesumo, Banyumeneng, Mranggen, Demak, Jawa Tengah, Selasa (14/9/2021). Vaksinasi kepada 1.700 santri yang diselenggarakan Mabes TNI, bersama Kodam IV/Diponegoro dan Pemkab Demak tersebut guna mempercepat program pemerintah untuk mencapai kekebalan komunal menuju Indonesia sehat bebas COVID-19. ANTARA FOTO/Aji Styawan/rwa.

Pemerintah melaporkan jumlah kasus baru Covid-19 bertambah 3.948 pada Rabu (15/9). Provinsi Jawa Timur menjadi penyumbang kasus terbanyak hari ini yakni 436 orang.

Di bawah Jatim, ada Provinsi Jawa Barat yang melaporkan kasus baru corona sebanyak 384 orang. Berikutnya adalah Jawa Tengah dengan 332 kasus positif pada hari ini.

Sedangkan kasus baru corona yang didapatkan hari ini berasal dari tes terhadap 153.493 orang. Ini berarti angka rasio positif Covid-19 mencapai 2,57%.

Adapun angka kematian bertambah 267 orang pada hari ini. Sumatera Utara menyumbang pasien meninggal terbanyak yakni 50 orang.

Advertisement

Selain itu pemerintah melaporkan tambahan pasien sembuh sebanyak 11.046. Sumatera Utara menyumbang angka kesembuhan terbanyak hari ini yakni 2.725 orang.

Sedangkan angka kasus positif Covid-19 hari ini berkurang 7.365 menjadi 84.963 kasus. Adapun angka suspek corona saat ini mencapai 333.326 orang.

Laju kasus positif corona di Indonesia mengalami penurunan secara konsisten sebesar 88,9% selama delapan minggu berturut-turut. Meski demikian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tetap mewaspadai munculnya geombang ketiga SARS-CoV-2.

Bukan tanpa sebab, saat ini sejumlah negara sedang mengalami lonjakan ketiga alias third wave Covid-19. Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, secara historis, kasus corona RI memuncak pada saat peralihan antar gelombang corona dunia.

Sedangkan saat ini negara seperti Malaysia hingga Amerika Serikat sedang mengalami gelombang ketiga. Oleh sebab itu Wiku meminta masyarakat waspada agar RI tidak menyusul.

"Disiplin protokol kesehatan agar kita tidak menyusul third wave dalam beberapa bulan ke depan," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (14/9).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait