Antusiasme Warga Rendah, 1.819 Dosis Vaksin Covid-19 di Aceh Terbuang

Rizky Alika
15 September 2021, 19:31
vaksin, sinovac, covid-19
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 terhadap warga lanjut usia (lansia) di Pukesmas Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Kamis (3/6/2021). Pemerintah Aceh menargetkan vaksinasi terhadap 435.651 warga lanjut usia (lansia) dan yang telah mendapatkan vaksin COVID-19 sebanyak 4.317 lansia yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Aceh.

Sebanyak 1.819 dosis vaksin Covid-19 merek Sinovac yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara terpaksa tak jadi terpakai. Dinas kesehatan setempat mengatakan hal tersebut lantaran antusiasme masyarakat untuk melakukan vaksinasi masih sangat minim.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Tenggara Sukri Manto menjelaskan pada awal pelaksanaannya, minat masyarakat untuk ikut vaksinasi masih rendah. Hal ini menyebabkan satu vial vaksin kerap tak terpakai seluruhnya.

Advertisement

Dia mencontohkan, satu vial vaksin yang berisi 10 dosis terkadang hanya terpakai untuk enam orang. "Empat dosis tidak terpakai. Sedangkan daya tahan vaksin Sinovac setelah satu vial dibuka hanya sekitar enam jam," kata Sukri Manto dalam penjelasannya, Rabu (15/9) dikutip dari Antara.

Tak hanya terganjal minat warga, vaksin yang tak terpakai itu lantaran adanya masyarakat pendaftar ternyata mengalami penyakit seperti hipertensi hingga demam tinggi. "Jadi otomatis ada yang tak bisa terpakai," kata Sukri.

Saat ini cakupan vaksinasi di Aceh Tenggara baru mencapai 32.484 orang atau 19,3% dari target. Namun Sukri Manto mengatakan antusiasme masyarakat mulai pulih lantaran TNI dan Polri berperan menjemput bola ke rumah penduduk.

"Apalagi sudah ada vaksin Sinovac kemasan baru yakni satu vial dua dosis sehingga vaksin yang tak terpakai sangat minim," ujarnya. Dia juga sekaligus menepis anggapan vaksin tersebut dibuang oleh pemerintah tanpa sebab.

 Di kesempatan terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan vaksin yang terbuang itu sudah tidak bisa dicegah. Meski demikian, pemerintah telah menghitung vaksin tak terpakai sebagai wastage rate atau tingkat pemborosan yang tergolong aman.

Nadia mengatakan wastage rate di Aceh Tenggara mencapai 3,8%. Sementara itu, petunjuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan rata-rata rasio vaksin global yang terbuang sebesar 15% dari total sasaran.

"(Misalnya hari ini) menyisakan 3 dosis, besok 4 dosis, lama-lama kalau dikumpulkan menjadi banyak," kata Nadia dalam Katadata Forum Virtual Series, Rabu (15/9).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement