LBM Eijkman Belum Temukan Covid-19 Varian C.1.2 Masuk ke Indonesia

Ameidyo Daud Nasution
16 September 2021, 20:01
varian c.1.2, Covid-19, corona, eijkman
Kementerian Kesehatan
Gambar Virus Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mewaspadai masuknya Covid-19 varian C.1.2 masuk ke Indonesia. Meski demikian Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman menyatakan mutasi corona tersebut belum ditemukan di Tanah Air.

Direktur LBM Eijkman Prof Amin Soebandrio mengatakan hal tersebut diketahui dari pemeriksaan sekuens yang dilakukan lembaganya bersama laboratorium lain. Ia juga meminta masyarakat tak takut dengan varian C.1.2.

"Varian C.1.2 belum masuk Indonesia dan sementara ini tidak perlu dikhawatirkan," kata Amin dikutip dari Antara, Kamis (16/9).

Virus yang berasal dari Afrika Selatan ini dikhawatirkan oleh berbagai ilmuwan di dunia lantaran bermutasi dalam jumlah besar. Meski demikian Amin mengatakan kabar ganasnya varian tersebut perlu diteliti lagi lebih dalam.

Sedangkan Kementerian Kesehatan menyatakan mayoritas varian Covid-19 yang ditemukan di Indonesia adalah Delta. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya telah mendapatkan 6.253 hasil sekuensing.

"Dari total tersebut, 2.252 adalah varian Delta dari 33 provinsi," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...