Efikasi Vaksin Covid-19 Pfizer Bisa Berkurang, Perlu Dosis Ketiga

Rizky Alika
16 September 2021, 17:22
pfizer, vaksin, booster ketiga
ANTARA FOTO/REUTERS/Matthew Childs/WSJ/cf
Matthew Childs Logo Pfizer terlihat di lokasi pemasok global di Havant, Britain, Senin (1/2/2021).

Pfizer Inc. menyatakan kemanjuran vaksin Covid-19 bikinan mereka bisa berkurang seiring waktu. Mereka merekomendasikan pemberian dosis ketiga (booster) untuk menangkal virus dan varian baru corona.

Pernyataan ini dilontarkan Pfizer berdasarkan data yang dikumpulkan dari Amerika Serikat dan Israel.  Data tersebut menunjukkan kemanjuran vaksin Covid-19 bisa berkurang dalam rentang waktu tertentu. Mereka juga menyiapkan fakta terbaru tersebut dalam presentasi dengan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat pada Jumat (17/9).

Advertisement

 Adapun, penurunan efektivitas vaksin terutama karena berkurangnya respons imun vaksin dari waktu ke waktu, tulis peneliti Pfizer dalam presentasinya.Panel diharapkan menyusun rekomendasi apakah perlu lebih banyak suntikan booster untuk warga Negeri Abang Sam tersebut.

“Data dari Israel dan Amerika Serikat menunjukkan tingkat infeksi meningkat lebih cepat pada individu yang divaksinasi lebih awal,” kata Pfizer dalam presentasinya, seperti dikutip dari Bloomberg pada Kamis (16/9).

Berdasarkan data dari Israel, Pfizer mengatakan penurunan kemanjuran terhadap infeksi dapat diikuti gejala Covid-19 yang parah, terutama di kalangan lansia rentan. Raksasa farmasi tersebut mengatakan vaksin dosis booster akan sangat efektif pada area yang didominasi varian delta.

Pfizer juga menjelaskan menjelaskan hasil uji coba tahap akhir suntikan booster vaksin mereka kepada lebih dari 300 orang. Hasilnya, tambahan dosis meningkatkan kadar antibodi darah.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement