21 Bank Sepakat Restrukturisasi Utang Waskita Karya Rp 29 Triliun

Ameidyo Daud Nasution
20 September 2021, 08:11
Waskita Karya, bumn, utang, bank
KATADATA/Arief Kamaludin
Gedung Waskita di Jakarta, Selasa, (06/01).

PT Waskita Karya (Persero) Tbk berhasil bernegosiasi dengan 21 bank untuk merestrukturisasi utang senilai Rp 29,2 triliun. Langkah ini merupakan bagian dari transformasi bisnis Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Kesepakatan ini melanjutkan perjanjian restrukturisasi dari tujuh bank pada 25 Agustus lalu. Selain itu 14 perbankan lain telah memberikan lampu hijau pada 15 September.

Advertisement

Direktur Utama Waskita Destiawan Soewardjono mengatakan dukungan dari perbankan akan memberikan dampak positif terhadap kinerja perseroan. "Juga akan meningkatkan kepercayaan dan optimisme seluruh pihak," kata Destiawan yang dikutip dari Antara, Senin (20/9).

Ke-21 bank yang mendukung restrukturisasi utang Waskita adalah Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Syariah Indonesia, BTPN, Bank DKI, dan Bank BJB. Lalu ada pula Bank Panin, Bank Permata, Bank Shingan, KEB Hana, Bank CTBC Indonesia, Maybank, BNP Paribas, UOB Indonesia, Bank SBI Indonesia, Bank Resona Perdania, Bank QNB, Bank of hina, Bank OCBC NISP, dan Bank CCB Indonesia.

Bank-bank tersebut akan memberikan perpanjangan masa kredit hingga lima tahun mendatang dengan bunga kompetitif. Diharapkan, dengan restrukturisasi, maka Waskita dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia terutama dalam membangun infrastruktur.

Sedangkan Waskita menyiapkan delapan langkah untuk menyehatkan kondisi keuangan mereka. Strategi tersebut meliputi restrukturisasi pinjaman, penjaminan dari pemerintah, Penyertaan Modal Negara (PMN) dan rights issue, divestasi aset jalan tol, menyelesaikan kontruksi proyek, transformasi bisnis, dan implementasi Good Corporate Governance serta manajemen risiko.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement