Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput, Bisa Tampung Warga Tepi Ciliwung

Rizky Alika
20 September 2021, 12:12
jokowi, rumah susun, jakarta
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meresmikan rusun Pasar Rumput, Jakarta, Senin (20/9). Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput di Jakarta Selatan pada Senin (20/9). Jokowi menganggap rusun tersebut istimewa lantaran dibangun di atas pasar.

Rusun tersebut mempunyai fungsi sebagai hunian yang terletak pada lantai 4 sampai 25. Sedangkan, pasar dengan ratusan kios dan los terdapat di lantai 1 dan 2.

Rusun tersebut juga akan menampung masyarakat terdampak normalisasi Sungai Ciliwung. Mantan Wali Kota Solo itu pun mengaku senang lantaran para penghuni bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak di lokasi strategis.

"Serta membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat kita," kata Jokowi saat peresmian Rusun Pasar Rumput, Senin (20/9).

 Selain itu, rusun Pasar rumput dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang lengkap. Adapun, kapasitas hunian rusun tersebut mencapai 1.984 unit tipe 36.

Sebagai informasi, rusun tersebut dibangun pada 2016 dengan biaya Rp 970 miliar. Kepala Negara berharap, rusun itu dapat memudahkan penghuni untuk berdagang, apalagi rusun itu didukung dengan jalur transportasi TransJakarta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...