Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput, Bisa Tampung Warga Tepi Ciliwung

Rusun yang dibangun pada 2016 dengan biaya Rp 970 miliar itu memiliki pasar di bagian bawahnya
Image title
20 September 2021, 12:12
jokowi, rumah susun, jakarta
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meresmikan rusun Pasar Rumput, Jakarta, Senin (20/9). Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput di Jakarta Selatan pada Senin (20/9). Jokowi menganggap rusun tersebut istimewa lantaran dibangun di atas pasar.

Rusun tersebut mempunyai fungsi sebagai hunian yang terletak pada lantai 4 sampai 25. Sedangkan, pasar dengan ratusan kios dan los terdapat di lantai 1 dan 2.

Rusun tersebut juga akan menampung masyarakat terdampak normalisasi Sungai Ciliwung. Mantan Wali Kota Solo itu pun mengaku senang lantaran para penghuni bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak di lokasi strategis.

"Serta membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat kita," kata Jokowi saat peresmian Rusun Pasar Rumput, Senin (20/9).

 Selain itu, rusun Pasar rumput dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang lengkap. Adapun, kapasitas hunian rusun tersebut mencapai 1.984 unit tipe 36.

Sebagai informasi, rusun tersebut dibangun pada 2016 dengan biaya Rp 970 miliar. Kepala Negara berharap, rusun itu dapat memudahkan penghuni untuk berdagang, apalagi rusun itu didukung dengan jalur transportasi TransJakarta.

"Dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas, memudahkan penghuninya untuk melakukan mobilitas," ujar dia.

Sebelumnya Jokowi Presiden menjadikan rusun tersebut sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. Rusun tersebut digunakan bagi pasien dengan gejala ringan dan orang tanpa gejala.

Berdasarkan laman Kementerian Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat (PUPR), Rusun Pasar Rumput memiliki luas bangunan untuk hunian 119.325 m2. Sejumlah fasilitas tersedia pada rusun di antaranya pasar di lantai 1 dan 2 dengan total luas 12.433 meter persegi serta ruang kegiatan sosial di lantai dengan luas 6.302 m2.

Adapun unit hunian yang digunakan mulai lantai 4 hingga 25 dengan luas per unit 36 m2 terdiri dari ruang tamu/keluarga, ruang makan, 2 kamar tidur, toilet, kamar mandi, dan ruang servis.

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait