Wilayah Vaksinasi Rendah di AS Sumbang Kematian Covid-19 Lebih Tinggi

Rizky Alika
22 September 2021, 14:03
kematian, as, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Jeenah Moon/Pool /aww/cf
Seorang tenaga kesehatan menyiapkan dosis vaksin Moderna COVID-19 di Queens Police Academy di Queens, New York, Amerika Serikat, Senin (11/1/2021).

Angka rata-rata kematian pasien Covid-19 di Amerika Serikat lebih tinggi empat kali lipat di negara bagian dengan vaksinasi rendah. Hal ini berdasarkan analisis CNN pada data dari Universitas Johns Hopkins dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Dari data yang tersedia, angka kematian pasien corona 4 kali lebih tinggi di 10 negara bagian dengan capaian vaksinasi paling sedikit dibandingkan 10 negara bagian yang paling banyak. Di negara bagian dengan vaksin terendah, sekitar delapan orang dari setiap 100 ribu penduduk meninggal karena Covid-19 selama seminggu terakhir. Sementara 10 negara bagian yang paling tinggi vaksinasinya mencatatkan kematian sekitar dua dari setiap 100 ribu orang.

Selain itu, negara bagian yang kurang divaksinasi cenderung memiliki tingkat rawat inap yang lebih tinggi. Data terbaru dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menunjukkan rata-rata ada 39 pasien rawat inap Covid-19 per 100 ribu orang di 10 negara bagian yang paling sedikit divaksinasi.

Jumlah itu hampir tiga kali lebih tinggi dibandingkan 10 negara bagian yang paling banyak divaksinasi. Di wilayah tersebut, rata-rata pasien yang menjalani rawat inap hanya 14 per 100 ribu penduduk.

Adapun, 10 negara dengan vaksinasi terendah ialah Alabama, Arkansas, Georgia, Idaho, Louisiana, Mississippi, North Dakota, Tennessee, West Virginia dan Wyoming. Di negara bagian tersebut, capaian vaksin dosis kedua masih di bawah 45% dari total penduduk.

Sementara, 10 negara bagian dengan tingkat vaksinasi tertinggi telah memberikan vaksin dua dosis lebih dari 62% penduduknya. Negara bagian itu ialah Connecticut, Maine, Maryland, Massachusetts, New Jersey, New Mexico, New York, Rhode Island, Vermont dan Washington.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...