AS Izinkan Lansia Terima Suntikan Ketiga Vaksin Covid-19 Pfizer

Cahya Puteri Abdi Rabbi
23 September 2021, 10:08
pfizer, vaksin, lansia
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cf
Dado Ruvic/Illustration Botol kecil dengan label vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, dan Moderna terlihat dalam foto ilustrasi yang diambil Jumat (19/3/2021).

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyatakan bahwa orang berusia 65 tahun ke atas atau lansia dapat menerima dosis booster vaksin Pfizer. Mereka juga menyebut suntikan tambahan ini bisa dilakukan untuk orang berusia 18 tahun ke atas yang berisiko tinggi Covid-19 karena pekerjaan.

Izin darurat ini sejalan dengan rekomendasi minggu lalu dari penasihat FDA. Sedangkan booster dapat diberikan kapan saja setidaknya enam bulan setelah seseorang menerima suntikan kedua.

 “Otorisasi ini akan memungkinkan orang-orang yang bekerja sebagai guru dan staf tempat penitipan anak, tenaga kesehatan dan pekerja di industri bahan makanan untuk mendapatkan suntikan ketiga,” kata Pejabat Komisaris FDA Janet Woodcock, dikutip dari Bloomberg, Kamis (23/9).

Izin suntikan penguat pada lansia diberikan mengingat mereka perlu mendapatkan perlindungan tambahan. Selain itu, menjelang musim dingin dikhawatirkan akan terjadi lonjakan kasus dikarenakan efektivitas vaksin akan memudar seiring dengan perubahan cuaca.

Para ilmuwan menyatakan, studi yang dilakukan menunjukkan bahwa kemanjuran vaksin Pfizer agak berkurang saat musim panas ini, terutama dalam mencegah kasus gejala ringan. Namun, masih sulit dibedakan apakah berkurangnya efek vaksin dikarenakan cuaca atau varian delta yang sangat menular.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...