Bos Moderna Prediksi Pandemi Berakhir 2022, Sarankan Booster Vaksin

Ameidyo Daud Nasution
24 September 2021, 11:08
moderna, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Vaksin Covid 19 Moderna

Chief Executive Officer Moderna Inc Stéphane Bancel memprediksi pandemi Covid-19 bisa berakhir pada tahun depan. Bancel juga mengatakan peningkatan produksi vaksin diperlukan untuk mencapai kekebalan masyarakat tahun depan.

Bancel juga menyampaikan bahwa para produsen vaksin akan memperluas produksi demi menjaga pasokan. Selain itu, ia mengatakan bahwa akan ada lebih banyak booster vaksin yang tersedia.   

Advertisement

“Asumsi saya dalam setahun (akan berakhir),” kata Bancel dikutip dari The Washington Post, Jumat (24/9).

Bancel memprediksi Covid-19 akan berakhir dengan situasi mirip serangan wabah influenza. Dengan kondisi seperti itu, maka booster vaksin akan diperlukan tiap satu hingga tiga tahun sekali.

“Anda bisa mendapatkan vaksinasi dan memiliki musim dingin yang baik, atau tidak melakukannya dan berisiko berakhir di rumah sakit,” kata Bancel.

Sedangkan Co-creator vaksin Oxford-AstraZeneca Prof. Sarah Gilbert juga pada Rabu (22/9) mengatakan Covid-19 kemungkinan akan berakhir layaknya flu biasa. Ini lantaran virus tersebut sulit bermutasi menjadi lebih mematikan lagi sehingga tak mampu melawan kekebalan vaksin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement