RSPON Jelaskan Perdarahan Otak Tukul Arwana Tak Terkait Vaksin Covid

Rizky Alika
24 September 2021, 11:55
vaksin, tukul, covid-19, stroke
Katadata
Komedian Tukul Arwana. Foto: Antara

Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) membantah perdarahan otak yang dialami oleh Tukul Arwana terkait dengan vaksin Covid-19. Direktur Utama RSPON Mursyid Bustami mengatakan kejadian yang dialami komedian tersebut merupakan salah satu bentuk stroke.

Warganet sempat mengaitkan kejadian yang dialami Tukul dengan vaksinasi yang dilakukannya beberapa hari lalu. Tukul sempat mengunggah foto sedang menerima vaksin di Instagramnya pada Senin (20/9).

Advertisement

Namun Mursyid  meminta masyarakat untuk tidak ragu dalam mendapatkan vaksin Covid-19. "Tidak ada hubungan perdarahan itu dengan vaksin Covid-19, apapun merek vaksinnya," kata Mursyid dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/9). 

Mengutip dari sejumlah pemberitaan, Tukul jatuh dan dilarikan ke rumah sakit pada Rabu (23/9) sore usai mengalami pusing. Meski begitu, Mursyid enggan menjelaskan tingkat keparahan stroke yang bersangkutan. "Akan melanggar kode etik kalau saya menyampaikan kondisi pasien," ujar dia.

Mursyid menjelaskan bahwa stroke terbagi menjadi dua jenis yaitu penyumbatan pembuluh darah dan perdarahan pembuluh darah di otak. Kasus perdarahan pembuluh darah yang terjadi sebesar 20% dari seluruh kasus stroke, selebihnya merupakan penyumbatan pembuluh darah.

Adapun, stroke perdarahan merupakan pecahnya pembuluh di otak akibat tekanan darah yang tinggi.  Akibatnya, darah akan keluar dari pembuluh sehingga mengganggu fungsi otak.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement