PeduliLindungi Deteksi 5.241 Kasus Positif dan Kontak Erat Covid-19

Rizky Alika
27 September 2021, 11:48
pedulilindungi, covid-19, wisata
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Pengunjung memindai QR Code dengan aplikasi PeduliLindungi saat hari pertama pembukaan kembali Cinepolis Cinemas di Plaza Renon, Denpasar, Bali, Jumat (17/9/2021). Bioskop di wilayah Bali kembali beroperasi dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19, membatasi kapasitas di dalam studio, tidak menjual makanan dan minuman, serta mewajibkan pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

Pemerintah saat ini menggunakan PeduliLindungi untuk melakukan pemindaian status Covid-19 pada pengunjung area publik. Dari aplikasi tersebut, ada 5.241 orang positif virus corona atau melakukan kontak erat dengan kasus konfirmasi yang masih mengunjungi area publik.

Data tersebut didapatkan dari penggunaan aplikasi PeduliLindungi hingga Minggu (26/9). Adapun, total pengunjung yang sudah menjalani pemindaian sebanyak 32,31 juta orang. 

Advertisement

"Ada 5.241 pengunjung tidak sehat atau masuk kategori warna hitam artinya kasus positif atau kontak erat yang masih beredar di mana-mana," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono dalam acara Pemulihan dan Pertumbuhan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara virtual, Senin (27/9).

Dari jumlah itu,  387 orang atau 7,4% dengan kategori hitam yang mengunjungi sektor pariwisata. Secara rinci, 127 orang berkategori hitam ditemukan di restoran dan rumah makan, 111 orang di bioskop, 58 orang di hotel dan akomodasi, 56 orang di tempat olahraga, 20 orang di tempat wisata, aula, museum, galeri seni, serta 15 orang di kafe/bar.

Selain sektor pariwisata, orang berkategori hitam juga ditemukan di sektor perdagangan dan pariwisata. Di sektor perdagangan, 3.876 orang berkategori serupa berada di mal dan 168 orang di outlet atau tenan mandiri.

Pada sektor transportasi, 196 orang berkategori hitam ditemukan di stasiun, 66 orang di bandara, 9 orang di terminal, dan 8 orang di pelabuhan. Sedangkan di perkantoran, 443 pekerja industri dan 88 pegawai perkantoran ditemukan memiliki kategori hitam.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement