Kepuasan Kinerja Presiden Anjlok, Istana Janjikan Perbaikan Ekonomi

Tingkat kepuasan atas kinerja Jokowi terus menurun hingga 58% pada September 2021. Istana menyatakan hasil tersebut akan menjadi acuan Presiden untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Image title
27 September 2021, 16:30
Istana, jokowi, presiden, survei
Katadata
Presiden Joko Widodo saat Global Covid-19 Summit, Rabu (22/9). Foto; Biro Pers Sekretariat Presiden

Survei Indikator Politik Indonesia menyatakan tren kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo terus mengalami penurunan. Pihak Istana mengatakan hasil penjaringan opini tersebut tak jauh berbeda dengan hitungan yang dilakukan pemerintah.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini mengatakan rendahnya tingkat kepuasan terhadap pemimpin di saat sulit tak hanya terjadi di Indonesia. Namun ia menyatakan survei ini akan menjadi acuan Jokowi untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Kami terus bekerja untuk mendorong pemulihan," kata Faldo kepada wartawan, Senin (27/9). kata Faldo kepada wartawan, Senin (27/9).

Faldo lalu mengatakan bahwa strategi yang ditempuh pemerintah selama ini sudah memperlihatkan hasil. Pada 2021, dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) mencapai Rp 744,8 triliun atau meningkat dari realisasi PEN 2020 sebesar Rp 575,8 triliun.

Di sisi lain, dunia internasional juga mengapresiasi langkah-langkah pemerintah. "Namun apapun hasil penilaian yang ada, yang jelas kita semua harus bersiap dan waspada," ujar dia.

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu mengatakan, pemerintah mewaspadai pihak yang ingin memanfaatkan momentum politik jangka pendek dengan membuat kerumunan dan pengumpulan massa. Apalagi saat ini semua pihak perlu mewaspadai hal-hal yang bisa berimplikasi pada kembali menyebarnya virus Covid 19.

"Pengendalian pandemi adalah kunci pemulihan semua aktivitas rakyat," katanya.

Berdasarkan hasil survei Indikator, tren kepuasan terhadap kinerja Jokowi telah menurun sejak puncaknya September 2019 lalu yakni 72%. Tren kepuasan terhadap Presiden menurun pada Februari 2020 menjadi 70%, Mei 2020 sebesar 66%, lalu Juli 2020 pada posisi 65%.

Tren penurunan juga terus berlanjut pada 2021. Angka kepuasan atas kinerja Jokowi pada Februari 2021 mencapai 63%, Juli anjlok menjadi 59%, dan September hanya 58%.

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait