Studi Merck & Co: Molnupiravir Efektif Lawan Covid-19 Varian Delta

Rizky Alika
30 September 2021, 12:13
Merck, obat, varian Delta, covid-19
123RF.com/troyzen
Ilustrasi perlawanan terhadap virus Covid-19

Studi laboratorium yang dilakukan Merck & Co., Inc. menunjukkan bahwa antivirus Covid-19 mereka yakni Molnupiravir kemungkinan efektif melawan varian virus corona, termasuk Delta.  Hasil penelitian raksasa farmasi Amerika Serikat itu menunjukkan, obat tersebut paling mujarab bila diberikan pada tahap awal infeksi.

Dikutip dari Reuters, Kamis (30/9), Merck mengatakan Molnupiravir tidak menargetkan duri dari protein virus. Sebaliknya, obat ini menargetkan viral polimerase atau enzim yang dibutuhkan virus untuk membuat salinan dirinya sendiri. 

Merck sebelumnya mengambil sampel usap (swab) laboratorium peserta dalam uji coba awal saat terjadi lonjakan rawat inap dan kematian Covid-19. Hasilnya, Delta tidak beredar luas pada saat pengujian Molnupiravir.

Pada awal tahun ini, perusahaan tersebut menyatakan hasil uji coba kecil tahap menengah menunjukkan tidak ada pasien yang positif tertular virus setelah lima hari pengobatan Molnupiravir.

Mereka saat ini melakukan dua uji coba Fase III dari antivirus yang dikembangkan bersama Ridgeback Biotherapeutics untuk mengetahui pengobatan dan pencegahan Covid-19. Uji coba melibatkan pasien yang tidak dirawat di rumah sakit, memiliki gejala tidak lebih dari lima hari, dan berisiko terkena penyakit parah.

Kepala Departemen Infeksi, Penyakit, dan Vaksin Merck Jay Grobler memperkirakan studi pengobatan Fase III akan selesai pada awal November. Namun ia berharap  obat tersebut terus bekerja secara efektif karena virus yang bermutasi. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...