Resmikan PLBN Sota, Jokowi Ingin Pacu Ekonomi di Wilayah Perbatasan

Jokowi berharap PLBN Sota bisa meningkatkan pelayanan bagi warga yang melintas perbatasan Indonesia dan Papua Nugini
Ameidyo Daud Nasution
3 Oktober 2021, 11:31
Jokowi, PLBN Sota, papua
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan PLBN Sota, Kabupaten Merauek, Papua, Minggu (3/10) Foto: Antara

Presiden Joko Widodo meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Merauke, Papua pada Minggu (3/10). Jokowi berharap pos perlintasan tersebut bisa menumbuhkan sentra ekonomi baru.

Jokowi mengatakan kawasan perbatasan adalah halaman depan Indonesia yang harus terus dibangun. Namun tak hanya infrastruktur, Presiden berharap pelayanan di pos batas negara juga harus berjalan dengan baik.

“Jadi cermin komitmen kita untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan,” ujar Jokowi di PLBN Sota, Merauke, Papua, Minggu (3/10) dikutip dari Antara.

 PLBN Sota adalah pos batas negara kedua yang dibangun di Papua setelah PLBN Skouw. Pos ini dibangun dengan konsep integrasi dan memiliki fasilitas seperti bangunan komerisal, pasar, tempat ibadah, mes pegawai, hingga area parkir.

Selain menumbuhkan ekonomi, Jokowi berharap PLBN Sota bisa meningkatkan pelayanan di wilayah perbatasan Papua Nugini. Mantan Wali Kota Solo itu juga ingin masyarakat perbatasan semakin mencintai Indonesia dengan adanya infrastruktur baru tersebut.

Turut hadir bersama Presiden adalah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Panglima TNI Marsekal hadi Tjahjanto.

Sebelum menuju PLBN Sota, Jokowi pagi tadi telah meresmikan terminal penumpang Bandara Mopah, Merauke. Fasilitas tersebut memiliki luas 7.299 meter persegi dan mampu menampung 638 ribu penumpang per tahun.

Jokowi berharap terminal baru ini bisa meningkatkan pelayanan penumpang di bandara tersebut. Selain itu Presiden ingin infrastruktur tersebut bisa meningkatkan daya saing dalam persaingan global.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait