Ahli Wabah Waspadai Risiko Penularan Covid-19 dari Pembukaan Gym

Rizky Alika
6 Oktober 2021, 12:57
covid-19, gym, ppkm
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Petugas memeriksa tanda peringatan jaga jarak pada alat olahraga kebugaran saat simulasi pembukaan dan peninjauan tempat kebugaran di Celebrity Fitness, Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/7/2020).

Pemerintah telah mengizinkan pusat kebugaran untuk beroperasi pada perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Meski begitu, epidemiolog menilai pembukaan gym berisiko tinggi pada penularan Covid-19.

Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman beranggapan pembukaan pusat kebugaran sebenarnya belum tepat dilakukan saat ini. Ini karena kegiatan di gym berada di dalam ruangan dan rentan transmisi virus jika pengunjung bernafas secara kencang.

 "Namun kondisi memaksa karena faktor ekonomi," kata Dicky saat dihubungi Katadata.co.id, Selasa (5/10).

Untuk itu, perlu ada uji coba untuk menerapkan protokol yang efektif di gym seperti pembatasan jarak, pembatasan durasi, kewajiban vaksinasi, pembatasan pengunjung dari zonasi tertentu, dan pengetesan Covid-19 secara berkala. Selain itu,  perbaikan ventilasi di pusat kebugaran juga perlu dilakukan.

Uji coba perlu dilakukan selama beberapa minggu untuk memastikan protokol kesehatan di gym. Bila masih terjadi penularan, prokes lebih ketat perlu dilakukan.

Ia juga menyoroti pelonggaran makan dan minum di dalam bioskop. Menurutnya, pemerintah perlu melakukan uji coba terlebih dahulu guna memastikan protokol kesehatan yang tepat.

Sementara, epidemiolog dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko tidak mempermasalahkan pembukaan gym hingga makan di dalam bioskop. Namun, ia menekankan pentingnya menjaga jarak dan menggunakan pelindung wajah (face shield). "Kemudian perlu dipastikan ada exhaust fan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...