Jokowi Mendadak Panggil Mendagri Tito, Ada Apa?

Ameidyo Daud Nasution
6 Oktober 2021, 13:50
jokowi, tito karnavian, mendagri
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Mendagri Tito Karnavian menghadiri pertemuan dengan KPU di kantor KPU Pusat, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Pertemuan tersebut membahas mengenai pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak yang akan diselenggarakan pada Desember 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak memanggil Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ke Istana pada Rabu (6/10). Pemanggilan ini membuat rapat Tito dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang seharusnya digelar hari ini terpaksa dibatalkan. 

Tito seharusnya menghadiri rapat dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk membahas jadwal Pemilihan Umum 2024. Namun mantan Kapolri tersebut tak hadir karena harus hadir dalam rapat internal Kabinet.

Advertisement

“Mendagri mengirimkan surat ke Pimpinan Komisi II DPR meminta rapat ditunda," kata Wakil Ketua Komisi II Junimart Girsang, Rabu (6/10) dikutip dari Antara.

Padahal dewan akan memasuki reses pada 8 Oktober hingga 7 November 2021. Oleh sebab itu mereka menjadwalkan ulang rapat Pemilu 2024 ini usai jeda reses.

Pemerintah dan DPR menemui jalan buntu dalam pembahasan jadwal Pemilu. KPU mengusulkan pencoblosan dilakukan pada 21 Februari 2024, sedangkan Pemerintah justru mengajukan usulan pada 24 Februari 2024. Dari dua kali rapat kerja antara Komisi II DPR, KPU, dan Kementerian Dalam Negeri sebelumnya, sampai saat ini masih belum ada keputusan final terkait jadwal pemilu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement