BPOM Beri Izin Darurat Vaksin Covid-19 Zifivax, Perlu 3 Kali Suntik

Rizky Alika
7 Oktober 2021, 15:01
vaksin, covid-19, bpom
ANTARA FOTO/HO/Humas BPOM/wpa/hp.
Kepala Badan POM Penny K. Lukito saat penerbitan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk Vaksin COVID-19 di Kantor Badan POM, Jakarta, Senin (11/1/2021).BPOM pada Kamis (7/10 menerbitkan izin darurat vaksin Zifivax milik Anhui.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Covid-19 bernama Zifivax. Vaksin tersebut diproduksi oleh perusahaan asal Tiongkok, Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical.

Vaksin diberikan sebanyak 3 dosis dengan jarak pemberian suntikan satu bulan.  "Telah diberikan persetujuan terhadap satu produk vaksin, yaitu Zifivax," kata Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (10/7).

Berdasarkan hasil uji klinis, vaksin menunjukkan efikasi 81,71% terhitung 7 hari setelah vaksinasi dosis ketiga. Efikasi akan meningkat menjadi 81,4% setelah 14 hari setelah vaksinasi lengkap.

Efikasi vaksin pada populasi dewasa 18-59 tahun sebesar 81,5%, sedangkan populasi lansia di atas 60 tahun ke atas sebesar 87,6%. Vaksin juga menunjukkan efikasi pada varian Covid-19, yaitu varian Alfa sebesar 92,93%, Gamma 100%, Delta 77,47%, dan Kappa 90%.

Vaksin tersebut menggunakan platform protein rekombinan subunit. Selain itu, Efek samping yang paling sering terjadi adalah nyeri pada tempat suntikan, sakit kepala, kelelahan, dan demam dengan tingkat keparahan grade 1 dan 2.

Di Indonesia, vaksin tersebut dikembangkan oleh PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio). Uji klinis vaksin Zifivax dilakukan di Bandung, Jawa Barat dengan subjek relawan sebanyak 4.000 orang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...