BPOM Terima Hasil Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinopharm untuk Anak-anak

Rizky Alika
7 Oktober 2021, 16:07
vaksin, sinopharm, anak, covid-19
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Petugas medis menunjukkan vaksin sinopharm di Sentra Vaksinasi Gotong Royong Perbanas, Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6/2021). Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) bekerjasama dengan Bio Farma dan Kimia Farma menyiapkan 130.000 dosis vaksin sinopharm pada program vaksinasi gotong royong secara mandiri bagi 65.000 karyawan dari 48 bank pemerintah, swasta, nasional, asing dan daerah. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.

Realisasi pemberian vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia 3-17 tahun semakin dekat. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerima data uji klinis vaksin Sinopharm asal Tiongkok untuk anak-anak.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan, mereka bisa memberikan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin anak-anak. "Yang sekarang berproses Sinopharm, sudah kami terima datanya," kata Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/10).

Namun BPOM akan mengevaluasi hasil uji klinis untuk dengan sangat hati-hati. Apalagi anak-anak merupakan usia rentan sehingga aspek keamanan menjadi hal yang paling utama.

"Aspek keamanan jadi sangat penting dan dikaitkan dengan imunogenisitas dan efikasi," ujar dia.

Selain Sinopharm, BPOM juga sempat menerima data hasil uji klinis vaksin Sinovac untuk anak-anak. Namun, masih ada data yang harus dilengkapi oleh perusahaan asal Tiongkok itu.

Selain kedua vaksin tersebut, Penny mengatakan belum ada vaksin lain yang melakukan registrasi untuk vaksin anak-anak. "Belum ada proses registrasi untuk vaksin dengan platform teknologi lainnya," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...