Jokowi Sebut "Pasukan Sukarela Sipil" TNI Hanya untuk Pertahanan

Rizky Alika
7 Oktober 2021, 11:30
Jokowi, tni, komcad
Youtube/ Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021.

Presiden Joko Widodo hari ini menghadiri upacara pengukuhan komponen cadangan (komcad) Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dalam acara tersebut, Jokowi mengatakan komcad tidak boleh digunakan untuk kepentingan lain selain pertahanan.

Komcad dimobilisasi oleh presiden dengan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) apabila negara dalam keadaan darurat militer atau perang. Sementara, komando dan kendali  berada di Panglima TNI.

"Komponen cadangan hanya untuk pertahanan dan kepentingan negara," kata Jokowi saat melantik komcad di Bandung Barat, Kamis (7/10).

Komcad adalah komponen pasukan sukarela yang diisi oleh warga negara sipil. Oleh sebab itu Jokowi mengatakan bahwa mereka tetap bisa menjalankan profesi masing-masing.  

Meski begitu, ia menegaskan komcad tetap harus selalu siaga jika dipanggil oleh negara. "Masa aktif komponen cadangan hanya lah pada saat mengikuiti pelatihan dan pada saat mobilisasi," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyatakan akan melakukan modernisasi alutsista secara menyeluruh pada tiga matra, yaitu darat, laut, dan udara. Para ilmuwan juga melakukan penelitian di berbagai bidang pertahanan.

"Pembangunan fregat buatan Indonesia, termasuk peluru kendali untuk pertahanan udara dan pertahanan laut, serta dalam pembangunan kapal selam Indonesia," kata Mantan Wali Kota Solo itu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...