Jokowi Ingin Pamerkan Mangrove Bali saat KTT G20 Tahun Depan

Rizky Alika
8 Oktober 2021, 15:18
jokowi, mangrove, g20
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Bali, pada Jumat, 8 Oktober 202. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

Presiden Joko Widodo hari ini meninjau hutan bakau yang ada di Kabupaten Badung, Bali. Dalam kunjungannya, Jokowi menyatakan akan memamerkan mangrove tersebut pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 mendatang.

Menurutnya, hutan bakau yang ada di kawasan Bali bagian selatan tersebut merupakan tempat percontohan rehabilitasi ekosistem mangrove. Bahkan, hutan ini telah dibangun sejak 2003 silam.

"Ini juga nanti mungkin akan menjadi salah satu venue yang akan kita perlihatkan kepada pemimpin G20 tahun depan," kata Jokowi di Badung, Bali, Jumat (8/10).

Untuk itu, pemerintah akan menggencarkan rehabilitasi hutan bakau di wilayah lain. Jokowi menargetkan mampu merehabilitasi 34 ribu hutan bakau yang ada di seluruh Indonesia.

Hal ini penting mengingat mangrove berfungsi untuk pendidikan, edukasi, pariwisata, hingga penguatan ekonomi masyarakat. Kemudian, rehabilitas ini juga dilakukan untuk melestarikan kawasan hutan, memitigasi perubahan iklim, hingga melindungi abrasi pantai.

"Juga bisa menghambat intrusi air dan memperbaiki kualitas lingkungan baik di lingkungan pesisir maupun habitat di pantai," ujar Mantan Wali Kota Solo itu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...