Studi AS: Booster Kombinasi Merek Vaksin Corona Efektif Pacu Antibodi

Rizky Alika
14 Oktober 2021, 17:45
vaksin, covid-19, booster
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cf
Dado Ruvic/Illustration Botol kecil dengan label vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, dan Moderna terlihat dalam foto ilustrasi yang diambil Jumat (19/3/2021).

Penelitian tentang pemberian dosis tambahan alias booster vaksin Covid-19 terus dilakukan. Sebuah studi yang dilakukan National Institutes of Health (NIH) di Amerika Serikat menemukan bahwa kombinasi jenis berbeda antara vaksin penguat dengan dosis sebelumnya menunjukkan hasil yang aman dan efektif. 

Studi menemukan, orang yang sebelumnya menerima vaksin Johnson & Johnson mendapatkan antibodi yang lebih kuat setelah menjalani booster Moderna atau Pfizer. Peneliti juga menemukan, mereka yang awalnya divaksinasi dengan Pfizer atau Moderna dan menerima suntikan merek secara silang juga menghasilkan respons kekebalan yang sama kuatnya.

Temuan ini akan dipresentasikan pada hari Jumat kepada komite penasihat Food and Drug Administration AS (FDA). Mereka akan bertemu pada Kamis dan Jumat untuk mempertimbangkan pemberian izin penggunaan darurat suntikan booster vaksin Moderna dan Johnson & Johnson.

Direktur asosiasi untuk penelitian klinis Divisi Mikrobiologi dan Penyakit Menular di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NICD) Dr John Beigel mengatakan, penelitian lebih lanjut akan dilakukan. Ini agar publik tidak menarik kesimpulan menyeluruh dari temuan awal.

“Ini adalah bagian penting karena memberi tahu apakah kita bisa menggunakan vaksin secara berbeda serta apa yang terjadi jika kita melakukannya,” kata dia, seperti dikutip dari NBC News, Kamis (14/10).

Beigel mengatakan penelitian ini tidak dirancang untuk mengidentifikasi kombinasi vaksin booster apa yang lebih unggul. Sebaliknya, studi akan memberikan bukti bahwa dosis tambahan dengan kombinasi berbeda aman untuk digunakan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...