Satgas Covid-19 Soroti Kepatuhan Prokes Rendah di Papua hingga Sulut

Cahya Puteri Abdi Rabbi
15 Oktober 2021, 21:44
prokes, papua, satgas, covid-19
Katadata
Dua Mama Papua menata dagangannya di Taman Imbi, Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021).

Pemerintah mulai melonggarkan sejumlah aktivitas masyarakat bersamaan melandainya kasus corona dalam beberapa waktu terakhir. Meski demikian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyoroti adanya empat daerah tingkat kepatuhan protokol kesehatan yang rendah.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B. Harmadi mengatakan wilayah tersebut adalah Papua, Maluku Utara, Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara. Bahkan skor kepatuhan mencuci tangan di Papua hanya 3, jauh di bawah rata-rata nasional yakni 8.

"Jadi memang empat provinsi ini menjadi tantangan bagi kita, untuk mendorong kepatuhan protokol kesehatannya," kata Sonny dalam acara Katadata Forum Virtual Series, Jumat (15/10).

Sonny menjelaskan beberapa faktor penyebab rendahnya tingkat kepatuhan protokol kesehatan di empat provinsi tersebut. Pertama, adanya persepsi masyarakat setempat bahwa risiko penularan Covid-19 rendah.

Kedua, tidak tersedianya fasilitas yang memadai untuk menjalankan protokol kesehatan, seperti fasilitas mencuci tangan dan menjaga jarak. Terakhir, adanya faktor pengaruh tokoh masyarakat atau pemimpin adat di suatu daerah.

"Jadi kalau pemimpin adatnya tidak mau divaksin dan memakai masker, itu akan berdampak pada masyarakatnya," ujar dia.

Satgas akan berusaha meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan daerah dengan bantuan 123 ribu duta perubahan perilaku hingga sosialisasi lewat medua iklan dan lagu. Selain itu mereka juga meminta pemerintah daerah untuk membuat program yang mendorong kepatuhan masyarakat.

Sedangkan secara nasional, tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan semakin meningkat. Berdasarkan data Satgas pekan ini, skor kepatuhan memakai masker secara nasional meningkat dari sebelumnya 7,9 menjadi 8,2.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...