Luhut: RI Bisa Masuk Endemi Jika Lewati Gelombang Covid-19 Natal

Ameidyo Daud Nasution
18 Oktober 2021, 18:26
covid-19, luhut, natal, endemi
Katadata
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitam

Pemerintah menekankan pentingnya mencegah gelombang ketiga Covid-19 saat Natal dan Tahun Baru. Bahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia bisa masuk status endemi jika lonjakan penularan pada periode tersebut bisa dihindari.

Bukan tanpa sebab, mobilitas masyarakat saat periode libur Natal dan tahun baru bisa meningkat. Sedangkan Presiden Joko Widodo juga telah memberikan arahan agar gelombang ketiga corona tak terjadi.

“Jika sudah melampaui Nataru, saya pikir Januari kita sudah masuk pada endemi,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (18/10).

Oleh sebab itu Luhut akan beberapa kali menggelar rapat untuk membahas strategi mencegah lonjakan kasus akhir tahun. Selain itu ia berharap RI segera mendapatkan obat untuk pasien Covid-19.

"Kami akan beberapa kali rapat terutama untuk mendorong (penggunaan) PeduliLindungi," ujarnya.

Luhut mengatakan keberhasilan Indonesia menghadapi gelombang varian Delta menunjukkan penularan virus ini bisa dihadapi. Oleh sebab itu ia mengajak masyarakat agar kompak menjaga situasi agar Covid-19 tak melonjak lagi.

"Gunakan masker, ajak keluarga, saudara dan teman yang belum vaksinasi agar segera divaksin," katanya.

Pemerintah memutuskan untuk kembali melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali hingga 1 November 2021. Mereka juga menetapkan 54 kabupaten dan kota menjadi PPKM Level 2.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...