Luhut dan Menkes Temui Merck (MSD) Bahas Produksi Molnupiravir di RI

Ameidyo Daud Nasution
18 Oktober 2021, 20:39
molnupiravir, luhut, obat, covid-19
Menko Marves
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 secara virtual pada Senin (14/12).

Pemerintah terus membidik obat untuk menjaga pasokan bagi pasien Covid-19. Bahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat ini sedang berada di Amerika Serikat untuk menjajaki kerja sama pengembangan obat corona.

Salah satu yang dibidik mereka adalah Molnupiravir yang diproduksi Merck & Co.”Saya bersama Menkes berada di AS untuk bertemu Merck mengenai Molnupiravir,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (18/10).

Advertisement

Selain itu Luhut dan Budi juga membidik AT-527 yang diproduksi Roche serta Proxalutamide bikinan Kintor asal Cina. Meski demikian pemerintah ingin para produsen tak hanya menjual obat namun membangun fasilitas produksi di Indonesia.

“Kami harapkan produsen obat mau bekerja sama untuk investasi dan produksi di Indonesia,” kata Luhut.

Sedangkan Budi mengatakan dua obat lain yang dibidik adalah Bamlanivimab dan Etesevimab yang termasuk monoclonal antibody untuk meniru kemampuan imun tubuh melawan virus. Sejumlah obat buruan pemerintah saat ini sedang dalam tahap pengujian klinis.

Budi juga menawarkan para produsen untuk menggelar uji klinis di Indonesia. “Agar kita bisa lebih cepat mengetahui kecocokan dari obat-obatan Covid-19 ini,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement