RI Terima 224 Ribu Vaksin Covid-19 AstraZeneca dari Jepang Hari Ini

Ratusan ribu vaksin AstraZeneca tersebut merupakan bagian dari kerja sama bilateral RI dengan Jepang sebanyak 1,9 juta dosis
Ameidyo Daud Nasution
19 Oktober 2021, 19:02
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan mulai menggunakan vaksin AstraZeneca bagi warga yang bar
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan mulai menggunakan vaksin AstraZeneca bagi warga yang baru akan divaksin atau mendapatkan dosis pertama vaksinasi.

Jumlah vaksin Covid-19 yang dikantongi Indonesia terus bertambah. Terbaru, sebanyak 224 ribu dosis AstraZeneca dari Pemerintah Jepang telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini.

Ratusan ribu vaksin tersebut merupakan bagian dari kerja sama dose sharing bilateral RI dengan Negeri Sakura sebanyak 1,9 juta dosis. Kedatangan vaksin akan dibagi menjadi enam gelombang hingga 22 Oktober.

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi mengatakan kerja sama ini merupakan hasil pembicaraannya dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi pada bulan lalu. Hal ini juga disebutnya refleksi kedekatan RI dengan Jepang.

“Kerja sama RI-Jepang dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi di masing-masing negara pasca pandemi,” kata Retno dalam keterangan pers Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selas (19/10).

 

Dengan tambahan ini, maka RI telah mengantongi 285,3 juta vaksin Covid-19. Sebelumnya Jepang juga telah mengirimkan 2,1 juta dosis AstraZeneca ke Indonesia pada Juli.

Selain itu Jepang juga telah membantu Indonesia dalam mengatasi pandemi. Bantuan tersebut terdiri dari sejumlah obat-obatan dan peralatan kesehatan. “Seperti Avigan dan mobile x-ray, serta berbagai dukungan lewat organisasi internasional,” kata Retno.

Secara terpisah, Presiden Joko Widodo menargetkan lebih dari 70% penduduk sudah  menerima vaksin corona pada akhir tahun ini. Untuk itu, pemerintah menggelar vaksinasi dari pintu ke pintu demi mempercepat pemberian suntikan.

Salah satunya dilakukan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dengan program vaksin rumah ke rumah. "Kita berharap di akhir tahun nanti lebih dari 70% penduduk kita telah divaksinasi," kata Jokowi saat meninjau vaksinasi pintu ke pintu di Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (19/10).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait