Jokowi Targetkan RI Jadi Pusat Industri Halal Dunia pada 2024

Rizky Alika
21 Oktober 2021, 12:30
jokowi, halal, industri
Katadata
Presiden Joko Widodo saat peluncuran Gerakan Cinta Zakat di Istana Negara, Jakarta,(15/4). Foto: Bio Pers Sekretariat Kepresidenan

Pemerintah tengah mengembangkan industri halal di Indonesia. Presiden Joko Widodo juga menargetkan RI bisa menjadi pusat industri halal dunia dalam waktu dekat.

Presiden mengatakan potensi pasar produk halal dunia sangat besar. Laporan State of The Global Islamic Economy Report tahun 2020-2021, warga muslim dunia diperkirakan membelanjakan lebih dari US$ 2 triliun pada sektor makanan, produk farmasi, kosmetik, fesyen, serta rekreasi.

"Indonesia berpotensi sebagai pusat industri halal dunia sekaligus kiblat industri fashion dunia. Saya target tujuan tersebut dapat tercapai pada tahun 2024," kata Jokowi dalam seremoni pembukaaan Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021 secara daring, Kamis (21/10).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menilai daya saing produk Indonesia harus terus ditingkatkan terutama untuk memacu ekspor. Terlebih, negara mitra dagang seperti Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, dan India mulai pulih pada kuartal II 2021.

Jokowi mengatakan, nilai ekspor Indonesia pada tahun ini juga mencapai puncaknya, yaitu US$ 142,01 miliar atau tumbuh 37,7% secara tahunan. "Peluang ini harus kita manfaatkan untuk mendorong peningkatan ekspor sebanyak-banyaknya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...