Jokowi Terbang ke Italia Akhir Oktober untuk Terima Presidensi G20

Rizky Alika
22 Oktober 2021, 18:58
jokowi, g20, italia
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Global Covid-19 Summit pada Rabu (22/9). Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo terus mempersiapkan Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun depan. Jokowi dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia dan menerima kepemimpinan kelompok 20 negara ekonomi terbesar dunia itu.

Adapun, serah terima Presidensi G20 dilaksanakan saat G20 Leader's Summit pada 30-31 Oktober 2021. Indonesia untuk pertama kalinya memegang Presidensi G20 sejak awal berdirinya forum internasional tersebut.

"Presiden akan berangkat untuk menerima kepemimpinan G20 di Roma," kata Juru Bicara Presiden Joko Widodo Fadjroel Rachman di Istana Negara, Jumat (22/10).

Namun,  jadwal keberangkatan Jokowi akan ditentukan oleh Kementerian Sekretaris Negara. Mereka juga akan menentukan siapa saja pihak yang akan mendampingi Presiden.

Fadjroel mengatakan, penyerahan Presidensi itu mencerminkan pengakuan Indonesia di tingkat internasional. Dalam kepemimpinannya, RI akan menunjukkan kemampuan dalam menangani krisis perubahan iklim. "Dan Indonesia akan tawarkan green economy," ujar dia. Setelah dari Italia, Jokowi akan bertolak ke Glasgow, Inggris untuk menghadiri Conference of Parties (COP) 26 atau KTT Iklim.

Sebagaimana diketahui, KTT G20 2022 akan digelar di Pulau Bali. Jokowi juga akan memamerkan hutan mangrove pada gelaran tersebut sebagai tempat percontohan rehabilitasi lingkungan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...