Jokowi Bakal Buka Lagi Pintu Internasional di Wilayah Vaksinasi Tinggi

Rizky Alika
25 Oktober 2021, 15:48
jokowi, vaksinasi, covid-19
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Global Covid-19 Summit pada Rabu (22/9). Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Pemerintah telah membuka Bali dan Kepulauan Riau untuk kedatangan wisatawan mancanegara. Meski demikian, Presiden Joko Widodo berencana membuka lagi pintu kedatangan internasional di wilayah yang memiliki tingkat vaksinasi Covid-19 tinggi.

Saat ini pintu kedatangan internasional Bali telah dilakukan secara bertahap. Pembukaan dilakukan setelah tingkat vaksinasi masyarakat Pulau Dewata dosis kedua mencapai 84,8%.

"Indonesia akan membuka secara bertahap wilayah yang lain yang tingkat vaksinasi penuhnya melebihi 70%," kata Jokowi dalam pidato ASEAN Business and Investment Summit, Senin (25/10).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengajak ASEAN mengurangi pembatasan pariwisata seiring dengan terkendalinya pandemi Covid-19. Apalagi, Asia Tenggara menjadi kawasan dengan pembatasan tertinggi di dunia.

Data United Nation World Tourism Organization (UNWTO) mencatat, pembatasan di Asia Tenggara mencapai 82%. Untuk itu, Kepala Negara meminta mobilitas dapat dilonggarkan namun dengan menjamin keamanan dari risiko pandemi.

Selain itu Asean Travel Corridor Arrangement Framework yang digagas Indonesia pada tahun lalu juga perlu segera diimplementasikan. Kemudian, pengakuan sertifikat vaksin di kawasan harus dilakukan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...