Luhut: Setelah Pesawat, Tes PCR Akan Berlaku di Transportasi Lain

Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2021, 16:43
tes pcr, luhut, pesawat
Kemenko Marves
Menko Marves Luhut B. Pandjaitan bersama dengan Menkes Budi Gunadi Sadikin mengunjungi beberapa fasilitas Isolasi Terpusat (Isoter) dan sentra vaksinasi di kawasan Kota Malang dan Kota Batu pada Hari Jumat (13/8). Luhut Meminta Pemda untuk tidak menutupi data Covid-19.

Pemerintah telah mewajibkan tes polymerase chain reaction (PCR) bagi penumpang penerbangan di Jawa dan Bali. Tak hanya transportasi udara, tes ini juga akan menjadi syarat perjalanan moda transportasi lain terutama saat libur Natal dan Tahun Baru.

 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kebijakan ini diambil untuk menyeimbangkan aktivitas masyarakat yang semakin longgar. Dengan syarat yang ketat, Luhut berharap kasus Covid-19 tak meningkat saat libur Nataru.

“Tes akan digunakan transportasi lain secara bertahap untuk antisipasi (mobilitas) saat Nataru,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (25/10).

Bukan tanpa sebab, saat ini mobilitas di wilayah pariwisata seperti Bali mulai meningkat. Luhut mengatakan pergerakan masyarakat di Pulau Dewata telah mirip saat periode libur akhir tahun 2020 lalu.

“Meski ada syarat PCR, mobilitas naik dan bisa mendorong kenaikan kasus,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo juga telah memberi arahan agar lonjakan ketiga Covid-19 tak terjadi. Oleh sebab itu pembatasan pergerakan dan vaksinasi akan dilakukan.

Luhut mengatakan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan menunjukkan ada 19,9 juta penduduk di Jawa dan Bali yang akan bepergian saat Nataru. Sebanyak 4,45 juta berada di aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...