Indonesia Akan Kedatangan Obat Covid-19 Molnupiravir Akhir Tahun Ini

Rizky Alika
25 Oktober 2021, 19:15
Molnupiravir, obat, covid-19
Antara
Molnupiravir

Pemerintah telah melobi farmasi raksasa asal Amerika Serikat, Merck (MSD) untuk mendapatkan Molnupiravir. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Indonesia akan menerima antivirus Covid-19 tersebut pada akhir tahun ini.

Hal ini disampaikan setelah Budi mengunjungi Merck di Amerika Serikat bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Dengan demikian, Indonesia akan memiliki cadangan stok antivirus guna menghadapi potensi Covid-19 gelombang ketiga.

"Kami sudah sampai ke tahap finalisasi dari agreement agar Indonesia bisa mengadakan tablet Molnupiravir diusahakan akhir tahun ini," kata Budi dalam konferensi pers daring, Senin (25/10).

 Dalam pertemuan tersebut, pemerintah juga membujuk Merck untuk mendirikan pabrik Molnupiravir di Indonesia. "Kami juga sudah menjajaki dengan mereka untuk bisa membangun pabrik obatnya juga di Indonesia, termasuk bahan baku obatnya," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, Molnupiravir digadang menjadi antivirus oral pertama untuk pasien corona. Cara kerjanya, mereka akan mengacaukan kode genetik virus agar tidak bereplikasi di tubuh inang.

Studi laboratorium yang dilakukan Merck menunjukkan bahwa Molnupiravir kemungkinan efektif melawan varian virus corona, termasuk Delta. Hasil penelitian raksasa farmasi Amerika Serikat itu menunjukkan, obat tersebut paling mujarab bila diberikan pada tahap awal infeksi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...