Pemerintah Tak Akan Subsidi untuk Turunkan Harga Tes PCR

Rizky Alika
26 Oktober 2021, 18:37
tes pcr, covid-19, subsidi
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.
Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR COVID-19 kepada warga Perumahan Bumi Anggrek, Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (7/6/2021). Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi melakukan tes usap PCR dan antigen kepada 135 warga perumahan tersebut menyusul 12 orang penghuninya terkonfirmasi positif COVID-19.

Pemerintah berencana menurunkan harga tes Covid-19 Polymerase Chain Reaction (PCR) menjadi Rp 300 ribu. Meski demikian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan tidak ada subsidi yang diberikan dalam penurunan tarif tes tersebut.

Kewajiban tes PCR bagi penumpang pesawat memang terus menjadi polemik beberapa hari belakangan. Buntutnya, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menurunkan tarifnya menjadi  Rp 300 ribu.

Sebagai informasi, saat ini tarif tertinggi tes PCR di Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 495 ribu, sementara luar Jawa dan Bali sebesar Rp 525 ribu. "Pemerintah tidak rencanakan ada subsidi, apalagi harganya sudah diturunkan," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa (26/10).

Budi mengatakan harga PCR yang diusulkan Presiden Joko Widodo sebesar Rp 300 ribu sudah murah. Bahkan, tarif tersebut sudah 10% lebih murah dibandingkan harga tes di bandara seluruh dunia.

Sedangkan harga tes PCR termurah ada di India, yaitu sekitar Rp 160 ribu. Budi mengatakan, tarif di Negeri Bollywood bisa sangat murah lantaran negara tersebut telah memproduksi komponen tes di dalam negeri. "Dan economy cost tercapai karena jumlah penduduk hampir 2 miliar," ujar dia.

Selain penurunan harga, Jokowi juga meminta durasi pemberlakuan hasil tes PCR bagi penumpang pesawat ditambah dari 2x24 jam menjadi 3x24 jam. Dengan demikian, masyarakat dapat mengambil tes PCR pada H-3 sebelum keberangkatan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...