RI Resmi Presidensi G20, Jokowi Undang Pemimpin Dunia Ke Bali 2022

Ameidyo Daud Nasution
1 November 2021, 07:43
jokowi, g20, bali
Katadata
Presiden Joko Widodo saat penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di La Nuvola, Roma, Italia, Minggu (31/10). Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Indonesia telah melanjutkan estafet keketuaan atau Presidensi G20 dari Italia pada Minggu (31/10). Penyerahan secara resmi dilakukan saat penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di La Nuvola, Roma, Italia kemarin.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi secara simbolis menyerahkan palu kepada Presiden Joko Widodo. Dalam prosesi tersebut, Jokowi memuji Italia yang berhasil memegang jabatan sebagai presidensi dalam setahun ke belakang.

Advertisement

Selain itu, Presiden juga mengajak para pemimpin dunia hadir pada KTT G20 berikutnya yang akan digelar pada 30-31 Oktober 2022 di Bali. Jokowi berharap pertemuan pada tahun depan akan mengisnpirasi gagasan yang inovatif di antara negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

“Kami akan menjamu Yang Mulia dan Bapak, Ibu, di ruang terbuka, di hamparan pantai Bali yang indah,” kata Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Senin (1/11).

Presiden mengatakan, Presidensi G20 Indonesia akan bertemakan “Recover Together, Recover Stronger”. Tujuannya, mewujudkan pertumbuhan inklusif, berbasiskan masyarakat, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Oleh sebab itu Jokowi meminta seluruh negara mampu memperkuat kerja sama dan berinovasi. “Ini yang harus terus kita perdalam pada pertemuan ke depan,” katanya.

Dalam pidatonya di KTT G20, Jokowi mengajak negara-negara besar mempercepat upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Apalagi munculnya pandemi membuat beberapa sasaran seperti kemiskinan terancam meleset.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement