Pidato KTT COP26, Jokowi Desak Negara Maju Bantu Atasi Perubahan Iklim

Ameidyo Daud Nasution
2 November 2021, 07:40
Jokowi, cop26. perubahan iklim
Antara
Presiden Joko Widodo saat berpidato di KTT Perubahan Iklim, Glasgow, Senin (1/11). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo berpidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim atau COP26 pada Senin (1/11). Dalam pidatonya, Jokowi menagih komitmen negara maju untuk membantu negara berkembang seperti Indonesia menangani perubahan iklim.

Presiden mengatakan perubahan iklim harus segera direspons dengan aksi. Salah satunya adalah transfer teknologi dari negara maju kepada negara berkembang.

Advertisement

“Pertanyaannya, seberapa besar kontribusi negara maju untuk kami,” kata Jokowi dalam siaran virtual Sekretariat Presiden, Selasa (2/11).

Jokowi mengatakan Indonesia memiliki lahan hijau serta laut yang luas. Oleh sebab itu ia berharap negara maju mau berkontribusi terutama dalam pendanaan untuk mengurangi emisi karbon.

Apalagi Indonesia telah memulai sejumlah langkah demi merespons perubahan iklim. Jokowi mengatakan ia telah memulai pengembangan ekosistem mobil listrik, memulai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di Asia Tenggara, mengembangkan biodiesel, serta membangun kawasan industri hijau di Kalimantan Utara.

Tak hanya itu, pemerintah telah menurunkan laju deforestasi menjadi yang terendah dalam 20 tahun dan menurunkan angka kebakaran hutan hingga 82% pada 2020. Jokowi juga telah memulai rehabilitasi 600 ribu hektare hutan mangrove sampai 2024.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement